Gns3 : Capture Packet Data Menggunakan Wireshark

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Pada hari yang InShaa Allah barokah ini, ane hanya akan mengingatkan dan mengulang kembali cara capture packet data menggunakan Wireshark. Mungkin agan-agan sekalian sudah banyak yang mengetahui caranya, tetapi sekali lagi saya hanya mengingatkan dan memberitahu bagi yang belum mengetahuinya. Cobalah baca artikel ane dibawah ini …

1. Bacalah Bissmillah agar semuanya dimudahkan.

2. Bukalah aplikasi Gns3 di komputer atau Pc agan, untuk agan-agan yang belum mempunyai Gns3, silahkan download disini.

3. Jika sudah mendownload, silahkan install dan buka Gns3 tersebut.

4. Buatlah topologi jaringan sederhana untuk melihat lalu lintas datanya nanti.

Contoh kecilnya seperti topologi jaringan yang ane buat.

2016-03-04_110335

5. Sambungkan semua Pc menggunakan kabel Ethernet.

Lihat punya ane nih gan.

2016-03-04_110526

6. Setelah semua tersambung, klik start pada gns3 untuk menyalakan semua Pc.

Contohnya begini gan, klik yang Ijo -ijo tuh yang udah ane kotakin merah.

2016-03-04_111012.jpg

7. Kita console semua Pc yang dipasang, caranya klik kanan pada Pc lalu console.

Kurang lebih kaya begini nih, kalau mau membukanya secara langsung tinggal klik yang udah di tanda panahin tuh gan.

2016-03-04_111327

8. Kalau sudah terbuka semua, masukkan ip pada setiap Pc.

Caranya : Pas sudah terbuka tab untuk kita meng-console Pc, masukkan ip addres dengan perintah berikut ini.

2016-03-04_111553

Masukkan perintah tersebut pada semua Pc, tetapi ip address di bagian Host Id berbeda pada semua Pc. Contoh : Pada Pc 1 agan kasih ip 10.10.10.1/24, pada Pc 2 agan kasih tuh ip 10.10.10.2/24, Dan seterusnya begitu gan berurutan kasih Ip-nya sampai jumlah Pc terakhir kalo ane sampai 10.10.10.4/24. lalu tekan enter.

9. Jika berhasil tampilan akan menunjukkan bahwa ip tersebut sudah sukses masuk di Pc        tersebut.

Tampilannya kaya begini nih gan.

2016-03-04_111735

10. Tutup semua tab yang tadi di console.

2016-03-04_111910

11. Sekarang kita coba mengecek semua Pc, apakah semua Pc sudah terkoneksi dengan Pc         yang lain?

Caranya adalah sebagai berikut : Tuliskan perintah ping 10.10.10.3 (Ip address tujuan), cek semua koneksi antar Pc agar tidak terjadi kesalahan pada saat men-capture packet data,  lalu tekan enter. Jika berhasil tampilan akan menjadi seperti ini nih gan.

2016-03-04_112249

12. Kalau sudah terkoneksi antar semua Pc, sekarang kita tinggal men-capture semua data       menggunakan Wireshark. jika belum mempunyai Wireshark silahkan download disini.

13. Cara men-capture datanya adalah sebagai berikut.

Klik kanan pada kabel Pc (Sebaiknya dimulai dari Pc 1) secara berurutan, lakukan hal yang sama pada semua kabel yang saling terkoneksi, contohnya kaya punya ane gan.

2016-03-04_112433

14. Pilih Switch port 1, klik ok.

2016-03-04_112504

15. Dan otomatis akan terbuka di Wireshark tersebut.

Tampilan kaya yang dibawah nih gan, Lakukan hal tersebut ke semua Pc secara berurutan.

2016-03-04_145440

16. Lakukan ping kemabali untuk melihat jalur packet data di dalam Wireshark.

Disini ane nge-ping dari Pc 1 ke Pc 3, perintahnya kaya gini nih gan.

2016-03-04_113603

Perintah ping 10.10.10.3 -c 1 agar packet ping yang dikirim hanya satu dan tidak banyak, lihat gambarnya diatas gan. Pc 1 nge-ping ke Pc 3 melalui switch terlebih dahulu. di dalam switch packet data yang di request akan di broadcast kepada semua Pc, untuk mencari Pc mana yang mempunya Ip yang di request oleh Ip yang me-request. Jika sudah ditemukan, Packet data tersebut akan dikirim ke Pc tujuan.

17. Sementara itu Pc yang bukan tujuan akan ditanya oleh switch, Siapa yang mempunyai         Ip yang di request.

Biar lebih jelas lihat gambar dibawah gan. Si switch nanya ke semua Pc yang punya Ip yang di request.

2016-03-04_113837

18. Lalu kita ping dari Pc 2 ke Pc 4, caranya sama seperti yang tadi dijelaskan.

Gambarnya sama kaya yang tadi gan.

2016-03-04_114620

19. Proses Capture data selesai di Gns3, selamat mencoba.

 

Sekian yang bisa saya tulis dan jelaskan, kurang lebihnya mohon maaf. Teruslah bertaqwa kepada Allah Swt dan selalu berbuat kebaikan.

Syukron Jazillah.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb